Loading Posts...

Strategi Memilih Bidang Bisnis Sampingan

bisnis sampingan
Sumber : images.google.com

Semakin lama angka pengangguran yang ada di Indonesia juga meningkat, bahkan tak ada jaminan bahwa mereka dengan pendidikan yang tinggi juga akan langsung dapatkan pekerjaan setelah lulus dari kuliah. Seorang fresh graduate memang memiliki kendala dalam mencari kerja, umumnya perusahaan lebih senang menerima pekerja yang sudah memiliki pengalaman dibandingkan mencari yang masih pemula. Untuk itu sekarang Anda tak bisa hanya dengan mengandalkan ijazah perguruan tinggi saja, melainkan juga harus mulai mencari lebih banyak pengalaman, tak heran jika para mahasiswa juga banyak mencoba bisnis sampingan di sela-sela waktu senggangnya.

bisnis sampingan modal kecil yang satu ini sebenarnya cocok untuk siapa saja, tak hanya untuk mahasiswa para karyawan bahkan ibu rumah tangga sekalipun sebenarnya bisa terjun ke dalamnya. Hanya saja terkadang untuk yang masih pemula bingung, bidang apa yang cocok untuk mereka. Semakin bertambahnya tahun semakin banyak nilai kebutuhan hidup, mengingat semakin lama banyak produk-produk pelengkap kebutuhan yang dipasarkan. Terkadang hanya dengan mengandalkan gaji dari pekerjaan utama saja tak cukup, apalagi bagi yang memiliki banyak tanggungan, kamu butuh tambahan sumber penghasilan.

Baca juga inspirasi bisnis

Waktu senggang dapat dimanfaatkan untuk mulai berbisnis. Tak harus bisnis online yang besar karena Anda bisa mengawalinya dari yang paling kecil dengan modal minim. Lalu bagaimana caranya mengenali bidang usaha yang cocok untuk dijalankan. Berikut ini kiat mudahnya, yaitu:

  1. Kenali kebutuhan konsumen, langkah paling awal adalah dengan melakukan survey apa kiranya yang dibutuhkan konsumen di daerah sekitar Anda terkadang jenis bisnis yang paling banyak peminatnya adalah usaha yang unik, belum ada yang mengawalinya.
  2. Kenali pesaing Anda, beberapa orang tak mau ambil resiko dengan mencoba bisnis modal kecil berbeda, karena belum tentu ada konsumen yang tertarik menggunakannya, untuk itulah mereka lebih senang menggeluti usaha yang sudah ada. bagi kamu yang memiliki pemikiran serupa maka hal yang harus dilakukan adalah menghitung dan mengenali kompetitor, cara ini berguna untuk menciptakan strategi baru dalam rangka merebut konsumen mereka.
  3. Memilih bisnis berdasarkan jumlah modal, beberapa orang menggeluti bisnis sampingan tak melihat dari kebutuhan konsumen atau kompetitor mereka, melainkan langsung dilihat dari modal, dengan jumlah tersebut mereka akan lebih cermat dalam berpikir, kira-kira bidang usaha apa yang cocok untuk digeluti.
  4. Melihat dari skill yang dimiliki, ini juga menjadi cara untuk membuat sebuah bisnis kecil-kecilan, dengan skill atau keahlian Anda sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai sebuah peluang bisnis. Contoh paling mudahnya adalah kamu yang pandai memasak maka dapat memulai bisnis kuliner, ahli menjahit pakaian dapat memulai sebuah butik dan seterusnya.
  5. Melihat dari trend saat ini, kemajuan bisnis yang menjanjikan di bidang fashion muslim memang tak terlepas dari trend, mengingat umumnya sifat manusia sendiri senang meniru, apa yang tengah populer maka dapat akan diikuti, kamu bisa memanfaatkannya sebagai peluang yang menjanjikan.
Bisnis Sampingan

Bisnis Sampingan

Semuanya bisa kamu jadikan sebagai langkah dalam memulai karir berbisnis, dalam kondisi semacam ini beberapa yang menggeluti sebuah usaha sampingan terkadang hanya mau menjalankan bisnis yang tak terikat dengan waktu, dapat dikerjakan kapan saja dan dimana saja, untuk itu nampaknya ragam usaha online patut untuk kamu coba.

Bidang usaha online cocok untuk dijalankan oleh semua kalangan, baik itu remaja hingga orang dewasa, kamu tak harus memiliki banyak modal, melainkan hanya keterampilan pemasaran secara tak langsung. Umumnya mereka yang menjalankan bisnis tanpa modal ini juga hanya mengandalkan beberapa media, seperti:

  • Media sosial, ragamnya banyak ada Facebook, BBM hingga Instagram, semuanya memiliki keunggulan untuk memulai bisnis online, kamu bisa menjadi seorang reseller tau juga mencoba sistem dropship.
  • Menggunakan website, tak harus bidang penjualan, website juga dapat dijadikan sebagai sarana rencana bisnis informasi.
  • Ikut bergabung dengan e-commerce, banyak nama-nama e-commerce yang tawarkan kerjasama penjualan pada Anda, kamu juga tak harus keluar uang bahkan disediakan lapak untuk tawarkan produk.

Jadi apakah salah satunya menarik untuk kamu jadikan sarana memulai bisnis sampingan, jangan tunggu nanti segera lakukan sekarang juga.

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!

Admin

Jasa peminjaman uang online terkini, cepat dan mudah cair

Show 2 comments

[…] mengurungkan niatnya untuk membuka atau menjalani suatu bisnis. Padahal saat ini sudah banyak bisnis sampingan yang dapat dikerjakan yang justru memberikan hasil yang lebih besar daripada pekerjaan utamanya. […]

[…] namun mereka yang berstatus sebagai seorang pegawai pun juga menggeluti bisnis ini sebagai bisnis sampingan. Sebenarnya, bagaimana mereka dapat menjalankan 2 aktivitas dengan sekaligus, tentu dengan […]

Leave a Comment

Loading Posts...