Loading Posts...

Koperasi Pinjaman Untuk Modal Usaha

koperasi pinjaman
koperasi pinjaman

Dalam membuka usaha, Anda mau tak mau akan sampai ke pada titik di mana Anda akan membutuhkan dana pinjaman. Masalahnya adalah, tidak semua bank mau meminjamkan dana modal usaha jika bisnis Anda belum jalan sepenuhnya. Beberapa bahkan memberikan syarat bahwa bisnis harus sudah berjalan paling tidak 2 tahun. Kalau begitu, dari mana dapat pinjaman modal? Salah satu solusinya adalah mengambil kredit di koperasi pinjaman.

Koperasi simpan pinjam ini memang gunanya tidaklah sebesar lembaga pembiayaan non-bank yang lainnya. Kebanyakan orang biasanya otomatis berpikir untuk mencari pinjaman di lembaga kredit yang memberikan bunga besar, ataupun meminjam uang di pegadaian. Padahal, sebenarnya koperasi memberikan pinjaman uang dalam jumlah yang tak kalah besar, dengan beban angsuran yang cenderung lebih ringan dibandingkan dengan lembaga pembiayaan lainnya.

Ada banyak alasan kenapa Anda yang berpikir untuk menjadi pengusaha kecil sebaiknya mengajukan kredit di koperasi pinjaman daripada di tempat lainnya. Ini karena:

  1. Suku bunga rendah

Peraturan yang harus dipatuhi oleh koperasi simpan pinjam adalah bahwa pinjaman koperasi untuk pekerja swasta yang mereka berikan tak boleh memiliki bunga lebih tinggi daripada yang diberikan bank. Jadi Anda mendapatkan pinjaman dengan bunga rendah, yang berarti beban Anda tak terlalu berat.

  1. Lebih manusiawi

Koperasi dikelola dengan asas kekeluargaan. Ini berarti Anda yang menjadi anggota koperasi akan mendapatkan manfaat lain selain mendapatkan fasilitas kredit usaha kecil. Anda akan mendapatkan SHU atau Sisa Hasil Usaha tiap bulan sebagai tambahan.

  1. Jumlah cukup banyak

Memang pinjaman yang bisa diajukan tak sebanyak di bank. Namun demikian juga dengan lembaga pembiayaan non-bank lainnya. Untuk membantu menambah usaha Anda, dana yang bisa didapat cukup banyak.

  1. Tersebar di tempat terpencil

Jangkauan koperasi sampai ke desa-desa, bahkan lebih luas daripada bank. Anda yang berada di luar kawasan kota bisa mengajukan pinjaman dan membayar lebih mudah.

Koperasi sendiri memiliki sistem dari anggota, untuk keperluan anggota. Dana yang dimilikinya adalah dana yang Anda bayarkan sebagai Simpanan Pokok, Wajib, maupun Sukarela, serta dana cadangan dan juga hibah. Jadi Anda tak perlu khawatir tentang darimana uang yang Anda pinjam ini berasal. Bagi sebagian orang yang tak terlalu suka meminjam namun terpaksa, ini bisa menjadi semacam kelegaan sendiri.

Tentu saja, Anda tak bisa langsung datang tiba-tiba ke koperasi pinjaman dan mengajukan permohonan kredit online bank . Anda harus memenuhi persyaratannya dulu, seperti:

  1. Jadi anggota koperasi dulu. Syaratnya adalah:
  • WNI,
  • Perorangan,
  • Mau membayar Simpanan Pokok dan Wajib,
  • Setuju dengan Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, serta aturan-aturan koperasi.
  1. Setelah itu, baru Anda melengkapi syarat untuk meminjam:
  • Sudah jadi anggota/calon anggota,
  • Isi formulir pinjaman,
  • Memberikan fotokopi KTP Anda (dan suami/istri kalau ada), KK, slip gaji, surat jaminan, dan rekening listrik/koran.
  1. Ketika semua syarat sudah lengkap, maka Anda harus menunggu proses ini selesai:
  • Ajukan proposal tentang tujuan penggunaan dari dana yang akan dipinjam,
  • Pengurus koperasi mengevaluasi proposal,
  • Jika disetujui, maka dibuatlah akad peminjaman (pencairan dana dan tenor).

Ini semua akan dijelaskan kepada Anda ketika Anda memohon kredit di koperasi pinjaman. Memang, prosesnya terlihat panjang dan berbelit-belit. Tapi Anda akan mendapatkan keuntungan lain di samping bisa memanfaatkan fasilitas meminjam. Anda membeli barang dengan lebih murah di koperasi, mendapatkan SHU, bisa ikut pelatihan usaha, dan terlindungi dari lintah darat.

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!

Admin

Jasa peminjaman uang online terkini, cepat dan mudah cair

Loading Posts...