Cara Mengajukan Pinjaman Uang Online Langsung Cair

pinjaman tunai
Pinjaman Tunai Cepat Tanpa Survey Mudah dan Cepat
January 14, 2019

Cara Mengajukan Pinjaman Uang Online Langsung Cair

Lagi terdesak butuh dana tunai dan ingin mengajukan pinjaman uang online langsung cair tapi tidak tahu bagaimana caranya? Kamu bisa ikuti cara lengkap yang ada di bawah ini berikut dengan beberapa pilihan penyedia pinjaman yang terpercaya.

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi di dunia, perkembangan pinjaman uang online langsung cair juga ikut melesat. Jika kita perhatikan, hal ini dikarenakan kebutuhan masyarakat semakin meningkat sedangkan penghasilan tidak juga bertambah. UMP (Upah Minimum Penghasilan) dinaikkan hanya satu kali setahun, sementara kenaikan harga bahan baku bisa naik lebih dari satu kali dalam setahun. Dengan penghasilan yang pas-pasan, tentunya ada banyak masyarakat yang tidak memiliki tabungan untuk bisa dimanfaatkan saat sedang terjadi kebutuhan mendadak.

Baca Juga : Berhutang di Jasa Pinjaman Uang Tunai Online

Mengajukan pinjaman uang online langsung cair kemudian menjadi pilihan yang kemudian diambil. Kenapa harus pinjaman uang online langsung cair? Mungkin beberapa tahun yang lalu, masyarakat Indonesia lebih cenderung untuk mengajukan pinjaman kepada orang terdekat seperti keluarga, teman, atau rekan kerja. Jika pinjaman dari orang terdekat tidak bisa didapat, biasanya mereka akan kasbon ke kantor. Jika pinjaman ke kantor juga tidak bisa didapat juga, langkah terakhir adalah dengan mengajukan pinjaman ke bank. Tapi tentu saja pengajuan pinjaman ke bank ini sangat identik dengan proses yang cukup lama sementara kamu sudah sangat terdesak butuh dana tunai yang akan digunakan segera.

Berhubung teknologi saat ini sudah sangat canggih, maka pinjaman bisa didapat secara online menggunakan smartphone dan layanan internet. Inilah yang dinamakan pinjaman uang online langsung cair. Kenapa ada embel-embel langsung cair? Tidak seperti pengajuan pinjaman offline yangdatanya diberikan secara fisik, pinjaman online ini datanya diberikan dalam bentuk digital sehingga bisa langsung diproses oleh penyedia pinjaman. Biasanya rata-rata dana bisa dicairkan dalam jangka waktu 1 -7 hari kerja saja. 

Cara Lengkap Mengajukan Pinjaman Uang Online Langsung Cair

Meski terdengar mudah, tapi buat kamu yang baru perdana alias pertama kali mengajukan pinjaman uang online langsung cair pasti akan bingung bagaimana cara mengajukannya. Tak perlu bingung karena kamu bisa mengikuti cara lengkap yang ada di bawah ini:

Baca Juga : Langkah Tepat Ajukan Pinjaman ke Jasa Peminjaman Uang Cash

  • Tentukan Berapa Nominal Pinjaman yang Ingin Kamu Ambil

Cara yang pertama adalah menentukan terlebih dahulu berapa nominal yang akan kamu ambil. Biasanya penyedia pinjaman uang online langsung cair memiliki ketentuan minimal pinjaman dan maksimum pinjaman. Ambil pinjaman seperlunya saja dan sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki. Jangan mudah tergiur dengan penawaran nominal pinjaman yang sangat tinggi karena hal tersebut bisa menambah beban hutangmu nanti.

  • Pilih Masa Tenor yang Sesuai Kemampuan Keuangan

Jika nominal pinjaman sudah ditentukan, sekarang pilih masa tenor atau jangka waktu peminjaman yang kamu sanggupi. Rata-rata pinjaman uang online langsung cair menawarkan masa tenor pendek yang berkisar antara 3 bulan hingga 36 bulan saja. Jika bingung menentukannya, lakukan perhitungan supaya kamu bisa mengetahui berapa dana yang bisa disisihkan per bulan untuk membayar hutang. Jadi misalkan saja kamu ingin mengambil pinjaman Rp10 juta dengan masa tenor 24 bulan, maka perhitungannya Rp10 juta : 24 bulan = Rp417 ribu jumlah cicilan per bulan yang harus dibayar. Ingat, nominal ini belum termasuk perhitungan bunganya.

  • Bandingkan Lebih dari Satu Penyedia

Ketika akan mengajukan pinjaman uang online langsung cair, jangan sekali-kali kamu hanya memilih satu penyedia. Pilihlah penyedia pinjaman lebih dari satu supaya bisa dibandingkan mana penawaran yang paling terbaik untukmu. Jangan lupa juga untuk melihat kredibilitas dan kepercayaan publik terhadap penyedia pinjaman uang online langsung cair yang akan kamu pilih. Agar aman, lebih baik kamu mencari penyedia pinjaamn uang online langsung cair yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan memiliki kantor fisik tetap yang alamatnya bisa tercatat di GoogleMaps.

  • Cari yang Syaratnya Paling Mudah untuk Dipenuhi

Masing-masing penyedia pinjaman uang online langsung cair memang memiliki persyaratan yang berbeda-beda, tapi sebisa mungkin carilah yang tidak memberikan syarat banyak dan rumit karena jika syaratnya banyak, maka pinjamanmu pasti akan lama prosesnya dikarenakan ada banyak syarat serta dokuemen yang harus diverifikasi oleh pihak penyedia pinjaman. Beberapa pinjaman uang online langsung cair rata-rata mensyaratkan KTP (Kartu Tanda Penduduk), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), rekening koran, slip gaji atau surat keterangan kerja, dan nomor rekening pribadi.   

  • Pertimbangkan Jenis Bunga dan Perhitungan Bunga yang Dikenakan 

Ini penting sekali kamu pertimbangkan karena meskipun penyedia pinjaman uang online langsung cair tersebut terpercaya, tapi bukan berarti mereka akan menawarkan pinjaman dengan bunga rendah. Jadi perhatikan berapa bunga yang ditetapkan, jenis bunga dan perhitungan bunganya seperti apa. Ada dua jenis bunga yang sering digunakan penyedia pinjaman uang online langsung cair, yakni bunga tetap (flat rate) dan bunga mengambang (floating rate).

Untuk bunga tetap, kamu akan dikenakan bunga dengan jumlah yang sama. Sedangkan untuk bunga mengambang, kamu akan dikenakan bunga yang sesuai dengan suku bunga pasaran. Terkadang penyedia pinjaman uang online langsung cair menetapkan bunga tetap pada beberapa bulan pertama dan untuk bulan-bulan berikutnya menggunakan bunga mengambang.

  • Cermati Ketentuan Apa Saja yang Berlaku

Terakhir adalah mencermati dengan teliti apa saja ketentuan yang berlaku dari penyedia pinjaman uang online langsung cair. Ketentuan yang harus kamu perhatikan adalah tanggal pembayaran, metode pembayaran, jenis perhitungan bunga, biaya administrasi, biaya penalti, biaya keterlambatan, dan lain sebagainya. Dengan membaca ketentuan dengan teliti, kamu tidak akan menyesal di kemudian hari.

Penyedia Pinjaman Uang Online Langsung Cair

Supaya kamu tidak perlu repot mencari, ada tiga penyedia pinjaman uang online langsung cair di Indonesia yang terpercaya karena sudah terdaftar di OJK sehingga aman untuk digunakan, yaitu:

1. TunaiKita

Penyedia pinjaman uang online langsung cair pertama adalah TunaiKita yang bisa memberikanmu pinjaman mulai dari Rp1  juta hingga Rp 20 juta degan masa tenor hingga 180 hari (6 bulan). Syarat peminjamannya adalah cukup dengan KTP, NPWP, dan memiliki nomor rekening bank lokal seperti BCA, BNI, BRI, Bank Mega, Bank Mandiri, Bank Danamon, dan Bank Permata. Jika kamu ingin mengajukan pinjaman, caranya adalah dengan mendownload terlebih dahulu aplikasi TunaiKita yang ada di PlayStore atau AppStore kemudian ikuti instruksi yang ada.

2. Kredit Pintar

Selanjutnya ada Kredit Pintar yang merupakan pinjaman uang online langsung cair dengan maksimum nominal pinjaman hingga Rp2 juta. Untuk masa tenor yang ditawarkan paling lama 3 bulan. Proses pengajuannya sangat mudah karena cukup dengan KTP dan nomor rekening pribadi. Jika pengajuanmu diterima, maka dana akan ditransfer hari itu juga. Jika ingin mengajukan pinjaman uang online langsung cair, kamu harus mendownload aplikasinya di PlayStore terlebih dulu.

Baca Juga : Cara Aman Memilih Jasa Pinjaman Uang Kontan

3. Tunaiku

Terakhir ada Tunaiku yang merupakan produk pinjaman uang online langsung cair dari Amar Bank. Nominal pinjaman yang diberikan oleh Tunaiku ini mulai dari Rp2 juta hingga Rp20 juta dengan masa tenor peminjaman mulai dari 6 bulan hingga 20 bulan lamanya. Syarat untuk mengajukan pinjaman Tunaiku ini sangatlah mudah karena kamu cukup menyediakan KTP dan  rekening bank milik pribadi. Tapi sayangnya Tunaiku ini tidak menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Hanya orang-orang yang tinggal di daerah Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Gresik, Sidoarjo, Surabaya, Medan, Palembang, Pekanbaru, Denpasar, dan Makassar saja yang bisa mengajukan pinjaman. Untuk mengajukan pinjaman Tunaiku, kamu harus mendownload terlebih dahulu aplikasinya di PlayStore.

Itulah panduan cara lengkap untuk mengajukan pinjaman uang online langsung cair beserta dengan penyedianya yang rekomended. Mengajukan pinjaman uang online langsung cair tidak boleh terburu-buru karena kamu butuh pertimbangan dan perhitungan yang matang. Selamat mengajukan pinjaman!