Loading Posts...

Bisnis dengan Modal Kecil di Bidang Kuliner

bisnis dengan modal kecil
Sumber : images.google.com

Salah satu bisnis dengan modal kecil yang paling populer dan selalu mempunyai pasarnya sendiri adalah bisnis kuliner. Selain orang-orang memang selalu membutuhkan makan dan minum, Anda juga mempunyai banyak pilihan jenis usaha yang bisa dilakukan. Anda bisa membuka warung, angkringan, menjajakan jajanan sambil berkeliling di kompleks-kompleks, maupun Anda juga bisa bergabung dengan usaha waralaba.

Membuka bisnis kuliner pun tidak harus menunggu hingga modal yang terkumpul banyak. Jika Anda bisa memasak, atau mempunyai konsep makanan apa yang bisa dijajakan, maka Anda bisa segera memulainya. Bahan-bahan makanan pun bisa dengan mudah Anda beli secara grosir dengan harga yang murah, demikian juga peralatan masak yang bisa Anda manfaatkan dengan milik Anda sendiri, atau menyewa ke saudara atau teman.

Baca juga bisnis kecil-kecilan

Adapun beberapa contoh bisnis kuliner yang bisa Anda lakukan dengan modal kecil contohnya adalah bisnis dengan modal kecil untung besar seperti jajanan atau makanan kecil. Ini dia beberapa contohnya:

  1. Jajanan tradisional

Jajanan tradisional khas dari daerah masing-masing bisa menjadi inspirasi bisnis yang menguntungkan. Contohnya saja seperti kue cubit, ketan bakar, lumpia, dan jajanan lain yang dikemas dengan lebih menarik.

  1. Jajanan anak

Anda juga bisa berbisnis jajanan di dekat sekolah-sekolah seperti donat mini, roti bakar, sosis dan tempura, serta beraneka macam makanan seperti nugget.

  1. Berbagai macam jus

Minuman segar seperti jus buah-buahan dengan berbagai macam kombinasi terutama sangatlah segar diminum di hari yang panas.

  1. Kue-kue kering

Anda juga bisa menitipkan macam-macam kue kering buatan Anda sendiri ke toko-toko atau ke kios-kios. Anda bahkan tak perlu menyewa tempat usaha.

  1. Snack inspirasi dari luar

Banyak pula sekarang ini yang menjajakan makanan kecil yang terinspirasi dari makanan luar, seperti crepes, churros, kemudian kentang tornado, jajanan ala Korea atau Jepang, dll.

Bisnis dengan Modal Kecil

Bisnis dengan Modal Kecil

Jajanan di atas merupakan peluang bisnis dengan modal kecil yang cukup menguntungkan dan mudah untuk dilakukan, karena Anda hanya mengolah jenis makanan yang terbatas saja, dan mempunyai target pelanggan yang sudah jelas. Anda juga bisa fleksibel hendak berjualan di mana, apakah di rumah, di sekolah, ataupun dengan dititipkan. Makanan kecil juga lebih praktis untuk dibawa dan orang cenderung membeli secara berulang-ulang.

Selain membuka usaha makanan kecil seperti di atas, Anda pun juga bisa membuka bisnis kecil-kecilan seperti jenis makanan lain yang menguntungkan, diantaranya :

  1. Angkringan

Orang-orang Indonesia cukup senang berkumpul dan makan-makan bersama dengan teman-teman mereka di outdoor. Selama ada makanan seperti aneka macam nasi kucing, tempe tahu, gorengan, dan berbagai jenis menu semacamnya dengan rasa yang lezat dan harga terjangkau, orang-orang akan mengerubungi.

  1. Bisnis katering

Anda juga bisa memulai usaha katering di mana Anda memasakkan untuk berbagai macam acara seperti pernikahan, selamatan, ulang tahun, upacara tradisional, dan lain sebagainya.

  1. Bisnis makanan sehat khusus

Semakin banyak penderita penyakit seperti darah tinggi, diabetes, dan juga

penyakit-penyakit yang mengharuskan diet yang spesifik bisa menjadi celah bagi Anda untuk memberikan spesialisasi olahan makanan yang sehat.

  1. Kedai minuman spesialisasi

Mirip seperti angkringan, hanya saja Anda memang spesialisasi untuk jenis minuman tertentu, seperti berbagai varian kopi, macam-macam susu, ataupun bermacam-macam jenis teh, lengkap dengan menu snack yang variatif.

Semua rencana bisnis makanan tersebut tidak membutuhkan modal yang banyak. Hanya saja dalam bisnis kuliner, Anda akan memerlukan hal-hal berikut ini:

  • Konsistensi dalam soal rasa, karena makanan dan minuman mempunyai rasa yang lezat agar disukai konsumen.
  • Kemasan yang menarik sehingga terlihat modern dan juga profesional.
  • Tempat yang strategis, sesuai dengan jenis makanan yang Anda jajakan.
  • Supplier bahan makanan yang memberikan kualitas yang baik dan bisa diandalkan.
  • Inovatif, karena Anda mempunyai banyak saingan, sehingga harus ada sesuatu yang bisa membedakan Anda dengan pesaing lain.

Membuka bisnis dengan modal kecil bukanlah perkara yang mudah, apalagi di awalnya. Anda akan banyak mengalami pasang surut dalam usaha Anda. Namun yang penting adalah Anda mau berusaha, mampu mencari celah, mempunyai kemampuan yang mumpuni dalam masak-memasak maupun bisnis, dan bisa menjaga reputasi Anda. Bisnis yang memiliki reputasi baik akan semakin dicari oleh banyak orang.

1
SadSad
0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!

Admin

Jasa peminjaman uang online terkini, cepat dan mudah cair

Show one comment

[…] bisnis yang dijalankan modal tetap dibutuhkan, namun dengan jumlah lebih minimal. Resiko usaha atau bisnis dengan modal kecil memang tetap ada dan kadang cukup besar. Misal minimnya modal membuat stock produk jualan lebih […]

Leave a Comment

Loading Posts...