Loading Posts...

5 Hal yang Biasanya Menjadi Penyebab PHK

Penyebab PHK
Penyebab PHK

Sebagai karyawan tentunya sangat menggantungkan nasib kepada perusahaan tempat Kita mencari nafkah. Usahakan bekerja dengan baik dan profesional untuk menghindari segala bentuk penyebab PHK akibat faktor diri sendiri. PHK atau katakanlah pemecatan karyawan memang menjadi resiko yang bisa dihadapi oleh semua karyawan perusahaan manapun. Bahkan bagi mereka yang menduduki jabatan penting pun tidak luput dari resiko pemecatan ini. Menyadari situasi seperti ini bisa terjadi kapan saja, maka baiknya sudah menyiapkan diri dan mental menghadapinya.

Hal-hal yang Menyebabkan Pemecatan

Pemecatan karyawan suatu perusahaan bisa dilakukan dengan alasan tertentu, sehingga ada yang dipecat secara serempak ada pula yang tidak. Situasi dan kondisi di lingkungan kerja memang sangat fluktuatif sehingga tidak perlu kaget dengan perubahan yang terjadi. Intinya adalah selama masih dipegang amanah pada posisi yang didapatkan di perusahaan usahakan bekerja dengan maksimal. Namun perlu pula menyiapkan diri menghadapi kemungkinan pemecatan dengan menabung, mendapatkan pinjaman uang atau mengusahakan pekerjaan sampingan.

Resiko PHK bisa didengar jauh hari sehingga sebelumnya para karyawan bisa menyiapkan jalur alternatif supaya tidak menganggur lama. Supaya bisa bersiap sejak dini pahami kondisi yang menyebabkan PHK dilakukan oleh perusahaan. Diantaranya adalah:

  1. Pemasukan perusahaan yang menurun,

Keuntungan perusahaan bisa saja mengalami kenaikan namun bisa pula sebaliknya, tatkala penurunan terus berlangsung. Maka tidak memungkinkan perusahaan menggaji seluruh karyawan sehingga beberapa diputuskan dirumah kan sementara atau di-PHK.

  1. Perusahaan terancam bangkrut dan tutup,

Resiko lain yang menjadi penyebab PHK adalah perusahaan yang mulai terancam bangkrut sehingga dalam waktu dekat akan ditutup. Semua perusahaan memiliki resiko untuk bangkrut karena alasan tertentu. Bisa karena faktor pertama tadi yakni keuntungan perusahaan yang menurun dan nyaris merugi terus. Sampai pada kondisi pemegang saham yang menarik sahamnya sehingga perusahaan tidak bisa beroperasi kembali. Biasanya akan ada pemberitahuan jika perusahaan hendak ditutup.

  1. Proses regenerasi karyawan di berbagai bagian,

Dilakukannya PHK juga bisa karena proses regenerasi, misal karena masa jabatan karyawan sebelumnya sudah dianggap kurang potensial lagi. Atau menemukan kandidat yang lebih kuat sehingga nantinya perlu dilakukan regenerasi. Regenerasi ini biasanya jarang dilakukan kecuali oleh karyawan yang bekerja di bawah naungan yayasan atau outsourcing. Resiko ini baiknya dipahami dengan baik dan disikapi secara bijak, jika tidak memungkinkan mempertahankan status karyawan maka bisa melamar di perusahaan lain.

Baca Juga : Cari Modal Usaha Dengan 6 Cara ini

  1. Kinerja karyawan yang tidak sesuai harapan perusahaan,

Pemecatan atau PHK juga kerap dilakukan oleh perusahaan kepada karyawan yang kerap lalai dengan tanggung jawabnya. Biasanya pelanggaran yang dilakukan karyawan akan diberi toleransi sampai beberapa kali. Jika sudah melewatinya dan tidak menunjukan perubahan maka akan dilakukan tindakan tegas berupa PHK. Selama bekerja baiknya datang tepat waktu atau lebih awal, patuh pada peraturan, dan menaruh rasa hormat pada semua orang dalam satu atas perusahaan.

  1. Muncul kasus yang dipicu oleh tindakan karyawan,

Faktor atau penyebab lain yang juga membuat tindakan PHK dilakukan oleh perusahaan adalah kesalahan karyawan dalam membuat masalah. Biasanya karyawan akan menjadi provokator bagi karyawan lain untuk melakukan tindakan pembangkangan. Sehingga perusahaan mau tidak mau harus melakukan pemberhentian pada karyawan tersebut. Supaya ke depannya tidak terjadi kasus serupa dan menghindari kemungkinan muncul kasus lain yang dampaknya lebih parah. Bekerja dengan baik dan tidak mengajak karyawan lain dalam keburukan akan menghindari penyebab PHK sehingga bisa bekerja dengan tenang.

0
HeartHeart
0
HahaHaha
0
LoveLove
0
WowWow
0
YayYay
0
SadSad
0
PoopPoop
0
AngryAngry
Voted Thanks!

Admin

Jasa peminjaman uang online terkini, cepat dan mudah cair

Leave a Comment

Loading Posts...